BESARAN FISIKA

Besaran adalah segala pengertian yang kepadanya dapat dikenai ukuran, misalnya panjang , waktu, massa, gaya, torsi. Dengan kata lain besaran merupakan segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan
angka, misalnya panjang, massa, waktu, luas, berat, volume, kecepatan, dll. Warna, indah, cantik, bukan merupakan besaran karena tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka. Dari pengertian di atas dapat di artikan bahwa sesuatu itu dapat dikatakan besaran jika dan hanya jika memenuhi 3 syarat, yaitu:

1. dapat di ukur atau dihitung
2. dapat dinyatakan dengan angka-angka atau mempunyai nilai
3. mempunyai satuan

Besaran di fisika dapat dibagi menjadi 2, yaitu:

1. besaran pokok
2. besaran turunan

BESARAN POKOK

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Dapat juga diartikan sebagai besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran pokok yang paling umum ada 7 macam yaitu :

1. Panjang ( l )
2. Waktu ( t )
3. Massa ( m )
4. Arus listrik ( i )
5. Suhu termodinamika ( T )
6. Kuantitas zat ( n )
7. Intensitas cahaya ( I )

besaran-pokok1

BESARAN TURUNAN

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari 2 besaran pokok atau lebih atau besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Jumlah dari turunan ini takhingga sebab setiap susunan besaran dasar memberikan besaran turunan baru. Contoh besaran turunan adalah Berat, Luas, Volume, Kecepatan, Percepatan, Massa Jenis, Berat jenis, Gaya, Usaha, Daya, Tekanan, Energi Kinetik, Energi Potensial, Momentum, Impuls, Momen inersia, dll. Dalam fisika, selain tujuh besaran pokok yang disebutkan di atas, lainnya merupakan besaran turunan. Besaran Turunan selengkapnya akan dipelajari pada masing-masing pokok bahasan dalam pelajaran fisika.

besaran-turunan

~ by swastikayana on March 10, 2009.

 
%d bloggers like this: